Microsoft Word memiliki solusi untuk mengatasi masalah
ini dengan menyediakan fitur Citations & Bibliography.
Manfaat fitur ini antara lain:
Manfaat fitur ini antara lain:
·
Word mendukung 10 gaya penulisan, seperti APA, MLA, dan sebagainya. Kita
dapat mengubah dari satu gaya ke gaya penulisan yang lain hanya dengan beberapa
klik saja. Selain itu kita juga bisa install style
yang lain untuk kutipan dan daftar Pustaka di Word 2007/2010/2013.
·
Kita hanya perlu membuat data untuk sumber pada kotak isian yang sudah
tersedia. Kotak isian yang muncul berbeda-beda berdasarkan tipe sumber yang
dipilih, misalnya buku, jurnal, website, laporan, film dan sebagainya.
·
Data sumber kutipan akan disimpan di komputer untuk dapat digunakan kembali
bila diperlukan dan dapat digunakan di dokumen yang lain juga.
·
Fitur ini akan membantu mencegah kesalahan penulisan kutipan dan daftar
pustaka (bibliografi). Karena cara penulisan akan diatur oleh Word sesuai
dengan gaya yang dipilih. Misalnya untuk membuat nama penulis yang lebih dari
satu, tiga sampai lima penulis, dan sebagainya, cukup dengan mengisi nama
penulis saja (First Name, Middle Name, dan Last Name).
·
Word akan membuat daftar pustaka (bibliografi) dengan cepat dan mudah
berdasarkan sumber yang ada. Bila ada perubahan atau kesalahan, kita bisa
mengeditnya dengan mudah.
Cara Membuat Kutipan dan Sumbernya
Catatan: Membuat kutipan akan sekaligus menambah data untuk sumber yang akan
muncul di daftar pustaka (bibliografi).
1.
Pada References tab, Citations & Bibliography group,
klik tanda panah pada Style.
2. Pilih gaya penulisan, misalnya APA atau
MLA.
3. Klik pada bagian di halaman dokumen yang
akan disisipkan kutipan.
4.
Pada References tab, Citations & Bibliography group,
klik Insert Citation.
5.
Klik Add New Source untuk membuka kotak dialog Create
Source.
6.
Pada Type of source, pilih tipe sumber. Misalnya Book, Journal
Article, Web site dan sebagainya. Perhatikan kotak isian akan berubah sesuai
tipe sumber yang dipilih.
7. Ketik informasi yang diperlukan pada
kotak isian. Perhatikan contoh yang muncul di bagian bawah kotak dialog.
8.
Pada beberapa bagian seperti Author akan muncul
tombol Edit. Klik tombol ini untuk mempermudah menulis nama dan
mengatur urutannya.
9.
Centang kotak Show All Bibliography Fields untuk menambah
data lain.
10.
Klik OK bila sudah selesai.
11. Pada dokumen sekarang sudah muncul
kutipan yang dibuat. Bila Anda hanya ingin membuat daftar sumber untuk
digunakan belakangan, hapus kutipan tersebut pada dokumen.
Cara Mencari Sumber Kutipan yang Tersedia
Gunakan fitur ini untuk mencari kutipan
pada daftar yang panjang atau untuk menemukan kutipan yang digunakan pada
dokumen MS Word yang lain.
1.
Pada References tab, Citations & Bibliography group,
klik Manage Sources.
2. Perlu diperhatikan:
3.
Bila membuka dokumen baru, semua sumber yang pernah digunakan pada dokumen
sebelumnya akan muncul di bagian Master List.
4.
Jika membuka dokumen yang memiliki kutipan, sumber untuk kutipan tersebut
akan muncul di bagian Current List.
5. Untuk mencari sumber tertentu, lakukan
hal berikut:
·
Pada kotak sortiran, pilih apakah sumber akan diurutkan berdasarkan tahun (Sort
by Year), penulis (Sort by Author), judul (Sort by Title),
atau berdasarkan tag (Sort by Tag).
·
Pada kotak Search, ketik judul atau nama penulis yang ingin
dicari.
·
Klik Close bila sudah selesai.
Cara Edit Sumber Kutipan
1.
Cari sumber yang ingin diedit dengan cara di atas (menggunakan Manage
Sources).
2.
Klik sumber tersebut di bagian Master List (bila ingin
merubah data di Master List). Atau klik sumber di Current
List bila ingin mengubah data di sini.
- Klik tombol Edit dan
lakukan perubahan yang diinginkan.
- Klik OK bila
sudah selesai. Microsoft Word akan meminta konfirmasi apakah Anda ingin
melakukan perubahan di Master List dan Current
List.
- Klik Yes, bila
ingin perubahan disimpan pada kedua daftar tersebut.
- Klik No, bila
perubahan hanya untuk daftar yang dipilih.
- Klik Close untuk
menutup kotak dialog.
8.
Tip: Cara cepat untuk mengedit sumber: klik kutipan pada dokumen dan kemudian
klik tanda panah dan pilih Edit Source.
Cara Membuat dan Edit Placeholder Kutipan
Kadang-kadang kita mungkin ingin membuat sebuah placeholder kutipan untuk
menandai posisi kutipan tersebut pada dokumen dan mengisi datanya kemudian.
1.
Membuat Placeholder Kutipan
·
Pada References tab, Citations & Bibliography group,
klik tanda panah pada Style.
2. Pilih gaya penulisan, misalnya APA atau
MLA.
- Klik
pada bagian di halaman dokumen yang akan disisipkan placeholder.
- Pada References tab, Citations
& Bibliography group, klik Insert Citation.
- Klik Add New
Placeholder .
- Ketik nama untuk placeholder
dan klik OK bila sudah selesai.
3.
Mengedit Placeholder Kutipan
- Pada References tab, Citations
& Bibliography group, klik Manage Sources.
- Pada Current List,
klik placeholder yang ingin diedit (placeholder ditandai dengan tanda
tanya dan diurutkan berdasarkan abjad).
- Klik tombol Edit dan
isi informasi yang diperlukan.
- Klik OK bila
sudah selesai.
Tip : Cara cepat untuk mengedit placeholder adalah dengan mengkliknya
pada dokumen. Kemudian klik tanda panah dan pilih Edit Source.
Cara Membuat Daftar Pustaka (Bibliografi)
Sebelum membuat daftar pustaka
(bibliografi), kita harus memiliki sumber (kutipan) terlebih dahulu (minimal
1).
1.
Klik pada bagian halaman dokumen untuk membuat daftar pustaka
(bibliografi). Bila perlu gunakan Section
Break untuk membuatnya di section yang baru.
2.
Pada References tab, in the Citations &
Bibliography group, klik Bibliography.
3.
Klik pada Bibliography yang tersedia untuk menyisipkannya
pada dokumen.
4. Klik pada daftar pustaka (bibliografi)
untuk memberi format yang diinginkan (mengubah tipe dan ukuran font, warna dan
sebagainya).
5.
Bila ada perubahan data, klik pada daftar pustaka (bibliografi) sehingga
muncul tampilan seperti pada gambar berikut.
6.
Klik Update Citations and Bibliography.
itulah pembahasan singkat Teknik Dan Panduan Membuat Kutipan Dengan Citation Dan Daftar Pustaka Dengan Bibliography, semoga bermanfaat ^_^L
Komentar
Posting Komentar