Langsung ke konten utama

Pengenalan Microsoft Word 2010,Menu Dan Fungsi Microsoft Word 2010


 


 Pengertian

Microsoft Word 2010 adalah aplikasi pengolah kata yang merupakan kelanjutan dari lanjutan dari versi sebelumnya. Aplikasi pengolah kata produk Microsoft ini  dirancang untuk membantu Anda membuat dokumen profesional berkualitas seperti laporan, dokumen berbentuk surat, brosur, tabel dan masih banyak lagi dokumen-dokumen yang dapat dikerjakan dengan menggunakan Microsoft Word terutama Microsoft Word 2010

Microsoft Word 2010 juga dilengkapi dengan fasilitas dan fitur terbaru dan canggih diantaranya fasilitas digital signature, publikasi dokumen ke dalam format PDF dan XPS dan masih banyak lagi keunggulan-keunggulan lainnya yang dapat kita rasakan ketika menggunakan progam Microsoft Word 2010.

Fitur Baru Microsoft Word 2010

Terdapat beberapa fitur yang membuat Microsoft Word 2010 mempunyai nilai tawar tinggi. Berikut ini adalah beberapa gambaran singkat dari beberapa fitur dari Microsoft Word 2010.

  1. Menyediakan kemampuan untuk menciptakan dan mengubah tampilan.
  2. Sekilas Ribbon pada Microsoft Word 2010 terlihat sama dengan Microsoft Word 2007 ini salah kelebihan yang membuat kita lebih merasa terbiasa atau cepat akrab dengan tampilan ribbon Micosoft Word 2010. Selain itu kita juga dapat menyesuaikan tombol Ribbon pada navigasi dengan langkah-langkah sebagai berikut: dari menu File pilih Option pada tampilan Word Option pilih Customize Ribbon. Quick Access Toolbar juga dapat disesuaikan di Microsoft Word 2010
  3. Selain menekan "Control + F" untuk fitur Find, Microsoft Word 2010 sekarang telah mempunyai Opsi “Find”, “Replace” and “Select” di sudut kanan atas dari Panel Navigasi.
  4. Pilihan Paste Preview dalam Microsoft Word 2010 membuatnya lebih mudah untuk menyalin/memotong dan menyisipkan teks, grafik, grafik, dan lain sebagainya sehingga Anda tidak perlu melakukan banyak hal untuk mengorganisir kembali dalam dokumen.
  5. Anda juga dapat langsung mengambil screen shots (gambar layar), Microsoft Word 2010 ini memiliki fitur yang dapat digunakan, Anda hanya cukup pergi ke menu Insert pilih Screenshot untuk mengambil gambar layar.
  6. Microsoft Word 2010 juga memiliki Opsi Background Removal yang dapat menhapus latar belakang gambar. Cukup memasukkan gambar ke dalam dokumen Word Anda, kemudian pilih Background Removal Tool

A.   Pengertian dan Bagian Tabs Menu Word 2010






Tabs Menu adalah bagian dari quick access yang terdapat pada microsoft office word 2010 dimana menu ini difungsikan untuk akses cepat menuju suatu akses fungsi yang dapat kalian gunakan ketika kalian sedang membuat dokumen teks atau gambar. Perlu kalian ketahui bahwa yang termasuk kedalam tab menu office word 2010 adalah sebagai berikut :
  1. Tab File
  2. Tab Home
  3. Tab Insert
  4. Tab Page Layout
  5. Tab References
  6. Tab Maillings
  7. Tab Review
  8. Tab View

B.   Pengertian dan Pembagian Ribbon di Word 2010






Ribbon jika diartikan secara menyeluruh adalah bagian utama menu office word 2010 yang menampilkan beberapa menu akses cepet seperti Tabs menu, Groups Menu dan Command.

Namun jika kita artikan secara spesifik Ribbon adalah suatu kumpulan tool menu yang terdapat pada bagian tab menu, dimana kumpulan-kumpulan tool ini juga dibagi menjadi beberapa bagian yang disebut dengan group. Perlu kalian ketahui bahwa dari setiap tool-tool tersebut mempunyai fungsi kerja masing-masing dan bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan yang kalian perlukan. Yang termasuk kedalam kategori ribbon adalah sebagai berikut
  1. Tabs Menu - Bagian ini bisa terlihat di bagian atas Ribbon dan berisi beberapa kelompok perintah terkait yang digolongkan berdasarkan tabs tertentu seperti Home, Insert, Page Layout adalah contoh tab ribbon.
  2. Groups - Bagian ini merupakan kumpulan alat untuk mengatur perintah tertentu, setiap nama grup muncul didalam tabs menu pada Ribbon, seperti groups clipboard, group font dan group paragraph.
  3. Commands - Bagian ini merupakan fungsi perintah yang muncul dalam setiap kelompok seperti yang disebutkan di atas
C. Pengertian Title Bar Office Word 2010




Title Bar merupakan identitas atau nama dari suatu dokumen yang sedang kalian kerjakan. Secara default title bar ini akan muncul dengan keterangan Documen1 - Microsoft Word, namun ketika kalian sudah menyimpan dokumen tersebut dengan sebuah nama, maka nama tersebut akan berubah menjadi nama_dokumen_kalian - Microsoft Word .

D. Pengertian dan Fungsi Rulers Di Microsoft Word 2010






Ruler atau penggaris merupakan tool yang bisa kalian gunakan untuk mengatur lebar dan tinggi halaman dokumen secara manual tanpa harus mengatur ukuran di page layout. Dalam hal ini ruler dibagi menjadi dua bagian yakni Ruler Horizontal dan ruler vertikal.
  1. Ruler horizontal muncul tepat di bawah bagian Ribbon dan sering digunakan untuk mengatur margin dan tab stop. 
  2.  Ruler vertikal muncul di tepi kiri jendela Word dan sering digunakan untuk mengukur posisi vertikal elemen pada halam  
E. Pengertian Status Bar Di Office Word 2010






Status bar merupakan sebuah tampilan bar kecil yang memberikan informasi banyaknya jumlah suku kata didalam sebuah dokumen, meberikan informasi banyaknya halaman atau jumlah dokumen dalam satu lembar kerja dan menampilkan informasi bahasa yang kalian gunakan.

F. Pembagian dan Fungsi Menu pada Tab File







  1. Save - Menyimpan dokumen ke tempat penyimpanan komputer
  2. Save As - Menyimpan dokumen dengan beberapa pilihan format lain seperti PDF, Doc, Dot, Html, xml dan format lainnya
  3. Open - Untuk membuka file dokumen yang bisa terbaca di office word 2010
  4. Close - Untuk menutup dokumen yang sedang dikerjakan
  5. Info - Untuk menampilkan informasi lain seperti jika kalian akan memberikan password atau kunci keamanan di dokumen yang kalian buat
  6. Recent - Untuk melihat informasi dokumen yang telah kalian kerjakan sebelumnya
  7. New - Untuk membuat dokumen baru yang support dengan office word 2010, diantara dokumen docx, doc, membuat design template dll.
  8. Print - Menampilkan informasi dokumen yang akan diprint, serta kalian juga dapat mengatur setelan print out yang diinginkan
  9. Save & Send - Untuk menyimpan dan mengirim langsung dokumen yang kalian buat, salah satunya adalah langsung mengirimnya ke alamat email atau blog khusus
  10. Help - Untuk menampilkan bantuan-bantuan yang tedapat di office word 2010
  11. Options - Untuk melakukan pengaturan di aplikasi office word 2010, seperti display, theme, font default dll.
  12. Exit - Untuk keluar dari aplikasi word 2010

G. Pembagian dan Fungsi Menu pada Tab Home




  1. Paste - Untuk menempelkan tulisan atau gambar yang telah kalian salin di sumber lain
  2. Cut - Untuk memotong tulisan atau gambar yang kalian seleksi di dalam dokumen
  3. Copy - Untuk menyalin tulisan atau gambar didalam dokumen word
  4. Font Style - Untuk memilih atau merubah jenis tulisan yang kalian inginkan
  5. Bold (B) - Untuk membuat tulisan menjadi tebal
  6. Italic (I) - Untuk membuat tulisan menjadi miring
  7. Underline (U) - Untuk membuat tulisan bergaris bawah
  8. abc - Untuk membuat tulisan coret
  9. Superscript dan Subscripot X -  Untuk membuat pangkat pada tulisan seperti kuadrat, meter persegi, Kubik Dll. Font Size - Untuk merubah ukuran tulisan
  10. A Style - Untuk membuat style atau gaya pada tulisan
  11. Highlight Text (ab) - Untuk memblok warna kata atau kalimat didalam dokumen
  12. Font Color (A) - Untuk merubah warna huruf atau tulisan di dalam dokumen
  13. Align Lef t- Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata kiri
  14. Align Center - Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata tengah
  15. Align Right - Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata kanan
  16. Align Justify - Untuk merubah tulisan dokumen menjadi seimbang kanan dan kiri
  17. Shading Color - Untuk merubah warna blok pada tulisan dokumen (background color).
  18. Icon Tabel - Untuk membuat tabel secara manual
  19. Bullets - Untuk membuat icon kecil disamping tulisan
  20. Numbering - Untuk membuat nomor disamping tulisan
  21. Multilevel List - Untuk membuat kombinasi list antara bullets dan numbering
  22. Increase dan Decrease - Untuk menambahkan dan mengurangi lebar paragraf
  23. Sort - Untuk menyortir isi dokumen sesuai dengan abjad atau juga berdasarkan angka

H. Pembagian dan Fungsi Menu Pada Tab Insert



1.      Cover Page - Untuk membuat cover halaman pada dokumen
2.      Blank Page - Untuk menambah halaman baru pada dokumen yang sedang dikerjakan
3.      Page Break - Untuk memisahkan halaman sebelum dan sesudahnya, seperti ketika kalian akan membuat dua mode kertas yang berbeda didalam satu dokumen
4.      Table - Untuk menambahkan sebuah tabel di dalam dokumen
5.      Picture - Untuk menambahkan gambar dari galeri komputer
6.      Clip Art - Untuk menambahkan gambar kecil seperti icon bawaan dari word 2010
7.      Shapes - Untuk menambahkan bentuk shapes seperti tabung, segitiga, kubus dll.
8.      SmartArt - Untuk membuat smartart seperti diagram batang, circle proses dll.
9.      Chart - Untuk menambahkan diagram chart seperti diagram alur lalu lintas
10.  Screenshot - Untuk memasukkan hasil screenshot atau tangkapan layar di komputer secara cepat
11.  Hyperlink - Untuk memasukkan link alamat website kedalam teks
12.  Bookmark - Untuk menyimpan bagian dari dokumen yang kalian anggap penting
13.  Header - Untuk menambahkan objek yang menjadi ciri khas dari dokumen kalian atau juga bisa dikatakan sebagai hak cipta kalian
14.  Footer - Sama seperti header, namun letaknya berada dibawah dokumen 
15.  Page Number - Untuk membuat nomor halaman pada dokumen
16.  Text Box - Untuk membuat tek didalam kotak
17.  Wordart - Untuk membuat tulisan dengan gaya-gaya yang unik
18.  Drop Cap - Untuk membuat tulisan seperti bentuk koran, dimana huruf pertama didalam dokumen akan tampak menjadi besar
19.  Equation - Untuk menambahkan simbol matematika  didalam dokumen
20.  Symbol - Sama dengan fungsi Equation

I. Pembagian dan Fungsi Menu Pada tab Page Layout





  1. Themes - Untuk membuat theme atau tema yang akan kalian gunakan
  2. Margins - Untuk mengatur ukuran dari kertas yang akan kalian gunakan
  3. Orientation - Untuk mengatur mode kerta, apakah portrait atau landscape
  4. Size - Untuk menentukan jenis kertas apa yang akan kalian gunakan
  5. Column - Untuk menentukan mode kolom tulisan pada setiap halaman dokumen
  6. Watermark - Untuk membuat gambar transparan pada halaman dokumen yang bisa disebut juga sebagai identitas asli dari dokumen yang kalian buat
  7. Page Color - Untuk menentukan warna atau gambar yang akan kalian jadikan background
  8. Page border - Untuk membuat bingkai halaman




Kelebihan


1.         Fasilitas di dalamnya sangat lengkap apabila dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya.
2.         Saat pertama kali dijalankan Microsoft Office 2010 hanya membutuhkan 2 detik untuk masuk ke lembar kerja. Sedangkan untuk penggunaan ke-2 dan seterusnya, Microsoft Office 2010 hanya membutuhkan sepersekian detik untuk load ke lembar kerja.
3.         Ukuran file yang dihasilkan lebih kecil                      dibandingkan versi sebelumnya.
4.         Gaya tulisan yang semakin bervariasi dan juga        tetap ada gaya tulisan dari Office 2007.
5.         Pengaturan naskah lebih mudah jika sudah              menguasai Office 2007.
6.         Dapat membaca semua file dari semua versi office yang ada. Bahkan dapat membuka file format PDF, XPS (portable online), ODT (OpenOffice) secara langsung.
7.         Office 2010 memberikan SmartArt dan Template baru plus koleksi sebelumnya dari Office 2007.
8.         Terdapat ‘quick acces toolbar’.
9.         Untuk MS Word 2010, saat menu utama diklik langsung muncul ikon-ikon yang disebut dengan ribbon, seperti untuk Microsoft Word 2007.
10.       Dapat menyisipkan gambar kedalam naskah.
11.       Title Bar terletak tepat di bagian tengah atas,           layaknya Microsoft Word 2007.
12.       Terdapat 7 menu utama layaknya Microsoft  Word 2007.
         13.       Toolbar ditampilkan secara vertikal sehingga tidak mengganggu lembar kerja.
         14.       Dapat mempublish atau memposting                           tulisan ke blog.
         15.    Save as lebih variatif. Kejutan baru yang ditawarkan oleh Office 2010 adalah     fungsi    menyimpan dokumen menjadi format PDF, XPS (portable online), ODT (OpenOffice) secara langsung. Format PDF dan XPS awalnya hanya dapat difungsikan dengan add-ons pada Office 2007. Sedangkan ODT merupakan format atau ekstensi dokumen pada OpenOffice, ini bukti universalitas dan support Microsoft Office, bahkan terhadap open source.
         16.     Template baru dan tambahan dari Microsoft Word 2007.
   17.     Menyimpan file untuk web terasa lebih mudah dibanding pada edisi yang   sebelumnya   
         18.     Memiliki preview dari setiap ikon tentang pengaturan halaman apabila kita dekatkan kursor di ikon
         19.     Terdapat ‘equation’ untuk menulis rumus.
         20.     Saat masuk ke lembar kerja kita tidak akan lagi menemukan ‘Office Button’, image berlogo Windows layaknya jantung pada Office 2007.  Fungsi ini telah digantikan dengan menu File, dengan tampilan penuh (full-window) bahkan fitur dan fungsi didalamnya jauh lebih beragam.



Kekurangan


1.     Lebih sulit karena programnya lebih tinggi lagi dari Microsoft Word 2007 sehingga lebih sulit digunakan apalagi yang sudah terbiasa dengan versi sebelumnya.
2.    Desain yang cukup sulit dan belum familiar bagi masyarakat.
3.    Tidak terdapat ‘Office Button’.
4.    Pengguna Microsoft Word versi sebelumnya (2000 dan 2003) perlu menginstal converter untuk dapat membuka file Office 2010. 
5.    Tab kontekstual dan style gellery agak mengganggu.

Pengenalan Microsoft Word 2010,Menu Dan Fungsi Microsoft Word 2010 

Demikian sekilas tentang Microsoft Word 2010 semoga bermanfaat... ^_^ L

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengenalan Microsoft Excel 2010, Mengenal Menu Dan Fungsi Ms Excel

MENGENAL MICROSOFT EXCEL 2010 1.           Aplikasi MS. EXCEL a.             Pengertian Microsoft Excel Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Microsoft Excel sangat berguna untuk masalah-masalah keuangan bahkan utang piutang pun juga bisa dicatat dalam program ini. Program Microsoft Excel seperti program jenis spreadsheet pada umumnya, digunakan untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan tabel, angka-angka dan grafik. 2.        Kegunaan Microsoft Excel Program Microsoft Excel sering disebut dengan spreadsheet (lembar kerja elektronik) yang beroperasi di bawah sistem operasi windows. Kegunaan Microsoft excel adalah sebagai berikut : Bidang Akuntansi ·          Contoh dari penggunaan program microsoft excel dal...

Turtorial Menggunakan Fasilitas Mail Merge Microsoft Word Dalam Membuat Surat Masal

Cara membuat surat masal / mail merge pada microsoft office word Fungsi mail merge pada ms word sangat membantu pengguna komputer untuk membuat surat edaran dengan jumlah yang banyak tanpa harus mengetik satu per satu surat. Akan tetapi dengan fungsi ini kita hanya perlu membuat satu template untuk semua surat dan membuat data base yang akan di hubungkan dengan template surat. Melanjutkan postingan sebelumnya tentang fungsi dari mail merge pada ms word, pada postingan kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat surat masal dengan menggunakan fungsi mail merge pada microsoft office word. Untuk membuat surat masal pada microsoft office word, ikuti langkah-langkah berikut: 1.       Buat template surat yang akan dibuat surat masal 2.       Klik menu mailings pada menu bar, selanjutnya pilih select recipient pada group start mail merge. 3.       Pada popup menu, pilih Type New List. 4. ...

Teknik Dan Panduan Membuat Kutipan Dengan Citation Dan Daftar Pustaka Dengan Bibliography

Microsoft Word memiliki solusi untuk mengatasi masalah ini dengan menyediakan fitur  Citations & Bibliography . Manfaat fitur ini antara lain: ·          Word mendukung 10 gaya penulisan, seperti APA, MLA, dan sebagainya. Kita dapat mengubah dari satu gaya ke gaya penulisan yang lain hanya dengan beberapa klik saja. Selain itu kita juga bisa  install style yang lain untuk kutipan dan daftar Pustaka di Word 2007/2010/2013 . ·          Kita hanya perlu membuat data untuk sumber pada kotak isian yang sudah tersedia. Kotak isian yang muncul berbeda-beda berdasarkan tipe sumber yang dipilih, misalnya buku, jurnal, website, laporan, film dan sebagainya. ·          Data sumber kutipan akan disimpan di komputer untuk dapat digunakan kembali bila diperlukan dan dapat digunakan di dokumen yang lain juga. ·        ...