Langsung ke konten utama

Teknik Dan Panduan Membuat Daftar Isi Dengan Multilevel List


Cara Membuat Multilevel List di Ms.Word
Pernakah kalian membuat multilevelist di Ms.Word dan mengalami kesulitan ?
Mari akan saya berikan tutorial pembuatan nya yang mudah dan cepat dipahami.
Bukalah makalah atau skripsi yang ada di laptop kalian.
Saya akan memberikan tips dahulu. Sebelum itu marilah kita bawa kusor ke paling atas lalu tekan enter dahulu. Agar tidak mempengaruhi tata letak judul-judul di halaman berikutnya.
Home>Pilih yang ada headingnya.


Lalu akan muncul angka 1 seperti di gambar berikut ini.



Setelah ini klik pada angka 1 tersebut. Lalu pilih Define New Multilevelist




Setelah diklik Define Multilevel List nanti akan terjadi seperti ini.



Lalu sekarang pada kolom Enter formating for Number telah tertulis angka 1 bukan. Lalu kalian tulislah di depannya kata BAB.






Jadilah seperti ini. Setelah itu pada kolom diatas tertulis more. Kita klik tombol more tersebut.





Pada kolom Number style for this level angka 1,2,3... tersebut diganti dengan angka romawi besar I,II,III seperti diatas. Setelah itu pada angka 2-9 tersebut legal style numberingnya diaktifkan semua




Lalu klik OK maka akan muncul tulisan BAB I pada lembar tersebut




Kemudian tulisan BAB I tersebut dihapus. Kita menuju ke Tab Home dan ke tulisan Normal, No spacing, Heading 1, Heading 2, Heading 3 dst.



Di kolom Normal, No Spacing, Heading 1, Heading 2, dan Heading 3 tersebut kita klik kanan dan pilih Modify satu persatu.




Setelah di klik modify akan muncul seperti ini.



Untuk formatin Normal yaitu Time New Roman 12 Automatic spasi 1,5
 No Spacing, dan Heading 1 kita buat seperti standarnya yaitu Times New Roman 14 Bold Automatic spasi 1,5 Centered lalu klik OK. Seperti dibawah ini lalu pencet OK



Lakukan juga untuk yang No Spacing







Lakukan juga untuk heading 1

 Sekarang untuk Heading 2 dan 3

Format nya yaitu Times New Roman 12 Automatic spasi 1 lalu klik OK
Dan seperti ini


Untuk heading 2 juga sama ya.




No Spacing, Heading 1,2,3 sudah termodify ya.


Sekarang saya akan jelaskan fungsinya
No Spacing digunakan untuk HALAMAN PENGESAHAN, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN, PENDAHULUAN, DAFTAR PUSTAKA
Heading 1 digunakan untuk BAB I, BAB II, BAB III, BAB IV, dst
Heading 2 digunakan untuk penulisan 1.1, 1.2, 1.3, 1.4, 2,1 dst
Heading 3 digunakan untuk penulisan 1.1.1, 1.1.2, 1.1.3, dst
Setelah selesai kita tinggal mengeditnya.
Buka kembali makalah atau skripsi kalian.
Untuk HALAMAN PENGESAHAN, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN, PENDAHULUAN, DAFTAR PUSTAKA kalian klik No Spacing dan akan jadi seperti ini.




Jika sudah selesai untuk yang No Spacing kita beralih ke Heading 1.

Digunakan untuk penulisan BAB I,II,III dst



Setelah itu untuk tulisan Pendahuluan kita klik No Spacing
Untuk latar belakang, rumusan masalah, batasan kita gunakan Heading 2
Untuk penggunaan Heading 3







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Dan Memodifikasi Table Serta Menggunakan Rumus Sederhana Di Ms Word 2010

cara membuat dan mengedit tabel pada microsoft word Cara membuat tabel pada program microsoft word sangat mudah sekali, tapi bagi yang belum tahu caranya, membuat tabel mungkin bisa dibilang sangat susah. bagi kamu yang belum bisa membuat tabel tidak usah bingung, ikuti saja panduan di bawah ini : 1. Buka dulu program microsoft word pada komputer kamu. 2. Kemudian klik Menu Table – insert – Table . . . seperti di gambar di bawah ini : 3. setelah kamu klik tabel, nanti akan muncul jendela seperti di bawah ini : Number of column adalah untuk menentukan jumlah kolom, sedangkan untuk number of row adalah untuk menentukan jumlah baris, masukkan angka sesuai dengan kebutuhanmu. contoh di atas adalah dengan jumlah sebanyak 5 kolom dan 10 baris, setelah memaskkan angkanya. klik OK. maka tabel akan muncul seperti dibawah ini : setiap kali membuat tabel, bentuk tabel akan rata memenuhi jendela microsoft word, untuk mengecilkan dan melebarkan kolom tabel caranya a...

Drop Cap, Columns, Header & Footer, Clip Art dan Watermark, Page Border, Smart Art, Footnote Dan Comment

Yang dimaksud dengan drop cap adalah Drop Cap adalah huruf atau kata pertama dalam paragraph yang di tampilkan lebih besar dan mecolok dari huruh lainny Cara Menggunakan Drop Cap Di Word Biasanya untuk penulisan artikel, huruf pertama paragraf dibuat sedemikian rupa agar menonjol dan menarik perhatian pembaca. Microsoft Word memiliki fitur untuk menangani hal ini yang disebut dengan  Drop Cap . Selain untuk artikel, Drop Cap juga dapat digunakan untuk  newsletter , undangan, atau untuk menonjolkan suatu bagian teks di awal bab atau awal dokumen. Cara Membuat Drop Cap          1.       Klik pada paragraf yang huruf pertamanya akan dibuat Drop Cap.          2.       Pada tab  Insert , grup  Text , klik  Drop Cap Pilih posisi Drop Cap:          1.       Dropped : Drop Cap dit...

Teknik Dan Panduan Membuat Kutipan Dengan Citation Dan Daftar Pustaka Dengan Bibliography

Microsoft Word memiliki solusi untuk mengatasi masalah ini dengan menyediakan fitur  Citations & Bibliography . Manfaat fitur ini antara lain: ·          Word mendukung 10 gaya penulisan, seperti APA, MLA, dan sebagainya. Kita dapat mengubah dari satu gaya ke gaya penulisan yang lain hanya dengan beberapa klik saja. Selain itu kita juga bisa  install style yang lain untuk kutipan dan daftar Pustaka di Word 2007/2010/2013 . ·          Kita hanya perlu membuat data untuk sumber pada kotak isian yang sudah tersedia. Kotak isian yang muncul berbeda-beda berdasarkan tipe sumber yang dipilih, misalnya buku, jurnal, website, laporan, film dan sebagainya. ·          Data sumber kutipan akan disimpan di komputer untuk dapat digunakan kembali bila diperlukan dan dapat digunakan di dokumen yang lain juga. ·        ...