Langsung ke konten utama

Kegunaan Dan Fungsi Dari Tombol Keyboard


Kegunaan Serta Fungsi Tombol Keyboard Pada Komputer

Fungsi Tombol Keyboard Pada Ms.Word
o    Ctrl + A : Tombol Select All ( Memilih Semua Kolom Ms Word )
o    Ctrl + B : Menebalkan Huruf dan Karakter Angka pada Ms Word
o    Ctrl + C : Menyalin atau MengCopy
o    Ctrl + D : Pilihan Font Pada Ms Word
o    Ctrl + E : Membuat Center Alignment ( Rata Tengah Tulisan pada Ms Word )
o    Ctrl + F : Mencari Karakter ( Find Karakter )
o    Ctrl + G : Go To
o    Ctrl + H : Menggantikan ( Repleace )
o    Ctrl +  I : Membuat Tulisan Menjadi Miring ( Italic )
o    Ctrl + J : Membuat Tulisan Menjadi Rata Kiri Kanan( Justify Aligment )
o    Ctrl + K : Membuat Hyperlink ( Insert Hyperlink )
o    Ctrl + L : Membuat Tulisan Menjadi Rata Kiri ( Left Aligment )
o    Ctrl + M : Increase Ident
o    Ctrl + N : Membuat Sebuah File Baru ( New File )
o    Ctrl + O : Membuka File ( Open File )
o    Ctrl + P : Printah Cepat untuk Melakukan Print
o    Ctrl + Q : Mengubah Pengaturan Style Menjadi Normal
o    Ctrl + R : Membuat Tulisan Menjadi Rata Kanan ( Right Alignment
o    Ctrl + S : Printah Untuk Menyimpan File ( Save / Save As )
o    Ctrl + T : Hanging Ident
o    Ctrl + U : Membuat Tulisan Menjadi Garis Bawah ( Underline )
o    Ctrl + V : Mempaste Tulisan Yang Sudah Di Copy Dengan ( Ctrl + C )
o    Ctrl + W : Menutup Menu Word ( Close Ms.Word )
o    Ctrl + X : Memotong Tulisan Yang sudah Di Block
o    Ctrl + Y : Mengembalikan Sesudahnya ( Redo )
o    Ctrl + Z : mengembalikan Sebelumnya ( Undo )
o    Ctrl + 1 : Membuat Sebuah Spasi Single ( Single Spacing )
o    Ctrl + 2 : Membuat Sebuah Spasi Double ( Double Spacing )
o    Ctrl + 5 : Membuat Spasi 1.5 Lines
o    Ctrl + Esc :
Selain Kombinasi Tombol CTRL dan abjad di atas, ada juga beberapa fungsi tombol pada keyboard komputer yang khususnya seperti berikut.
o    F1  : Membuka Sebuah Fungsi Bantuan pada Komputer anda.
o    F2  : Mengubah Nambah File atau Berkas ( Rename )
o    F3  : Perintah Auto Text ( Find Text )
o    F4  : Pengulangan Printah Sebelumnya/
o    F5  : Perintah Temukan ( Find ) Ganti ( Replace ) atau Go To
o    F6  : Membuka Pengaturan Other Pane
o    F7  : Membuat Perintah Spelling ( Pengecekan Penulisan )
o    F8  : Membuka Perintah Awal Untuk memilih ( Coret Text atau Objek )
o    F9  : Memperbaruhi Field ( Mail Marge )
o    F10  : Membuat Sebuah Menu menjadi Aktif
o    F11  : Membuat Sebuah Masukan Field berikutnya ( mail Marge )
o    F12  : Membuka Dialog Save As ( Simpan Sebagai )
o    Esc  : Tombol Perintah Membatalkan Dialog
o    Enter  : Tombol Untuk Mengahiri satu paragraf atau Melaksanakan Perintah / Pilihan
o    Tab  :  Memposisikan Teks sesuai dengan tanda Ruler Horizontal
o    Windows : Tombol untuk Membuka Start Menu
o    Shorcut : Tombol untuk mengaktifkan Shorcut di posisi kursor
o    Delete : Tombol untuk Menghapus Sebuah Karakter dari Kanan Pada Penulisan anda
o    Backspace : Tombol untuk Menghapus Sebuah Karakter dari Kiri Pada Penulisan anda
o    Insert : Tombol Untuk menyisipkan karakter pada Posisi Kursor Anda.
o    End : Tombol Untuk memindahkan Posisi Kursor ke akhir baris.
o    Home : Tombol Untuk memindahkan Kursor ke awal baris
o    Page Up : Tombol Untuk Menggulung Layar ke atas
o    Page Down : Tombol Untuk Menggulung Layar ke bawah
o    Up : Tombol Untuk memindahkan Kursor 1 ke baris atas
o    Down : Tombol Untuk memindahkan Kursor 1 ke baris bawah
o    Left : Tombol Untuk memindahkan Kursor 1 ke Kiri
o    Right : Tombol Untuk memindahkan Kursor 1 ke Kanan
o    Num Lock On : Tombol Untuk Mengaktifkan Fungsi Angka dan Operasi matematik
o    Shift + F10 : Tombol Untuk membuka Menu Pintas.
o    Alt : Tombol ini jika tidak di Kombinasikan maka hanya akan berfungsi sebagai memulai / mengaktifkan menu bar.
o    Shift + Delete : Tombol ini untuk menghapus file Secara permanent serta tidak akan masuk ke Recyle bin terlebih dahulu
o    Ctrl + Right Arrow : Tombol ini Berfungsi Untuk Memindahkan titik sisipan ke awal kata berikutnya
o    Ctrl + Left Arrow : Tombol ini Berfungsi Untuk Memindahkan titik sisipan ke awal kata sebelumnya
o    Ctrl + Down Arrow : Tombol ini Berfungsi Untuk Memindahkan titik sisipan ke awal paragraf berikutnya
o    Ctrl + Up Arrow : Tombol ini Berfungsi Untuk Memindahkan titik sisipan ke awal paragraf sebelumnya
o    Alt + F4 : Tombol Untuk Keluar dari program yang aktif atau pada menu bar.
o    Alt + Enter : Untuk Membuka Sebuah Objek yang telah terpilih
o    Alt + Spacebar : Tombol Untuk membuka Menu Shortcut di layar yang aktif
o    Ctrl + F4 : Tombol Untuk menutup Dokumen yang Aktif
o    Alt + Tab : Mengganti ( Switch ) Pada Program Yang Aktif
o    Alt + Esc : Cycle Via item dengan urutan yang sudah di buka.
o    Ctrl + Shift + Tab : Tombol ini berfungsi untuk bergerak mundur dengan Tab
o    Shift + Tab : Tombol ini berfungsi untuk bergerak mundur dengan pilihan
Tidak hanya itu saja Fungsi pada tombol keyboard yang biasa kalian gunakan, masih banyak lagi fungsi – fungsi tombol keyboard yang dapat kalian pelajari. berikut fungsi tombol keyboard lain nya.
o    Ctrl + Drag  Item : Menyalin item yang sudah di pilih
o    Ctrl + Shift + Drag Item : membuka shortcut ke item yang sudah dipilih
o    Ctrl + Shift + Salah satu tombol panah : Menyorot blok teks
o    Shift + Salah satu tombol panah : Memilih dari 1 item di dekstop atau jendala atau memilik teks pada dokumen
o    F3 : untuk mencari berkas atau folder pada My Computer
o    F4 : untuk menampilkan daftar Addres bar pada My Computer atau di Windows Explorer
o    F5 : untuk menyegerakan ( Refresh ) pada Desktop Komputer
o    F6 : Untuk siklus via elemen-elemen pada layar dekstop atau jendela.
o    Shift + F10 : Untuk menampilkan menu shortcut item yang akan dipilih.
o    Atl + Huruf yang di garisbawahi dimenu : perintah ini menampilkan menu yang sesuai dengan yang di garis bawahi
o    Shift saat memasukan DVD atau DVD-ROM : Untuk Mencegahnya Autoplay pada Dvd.
Demikian Fungsi beberapa tombol pada keyboard komputer yang mungkin belum kalian ketahui. Masih banyak lagi fungsi-fungsi tombol keyboard yang lainya mungkin yang dapat membantu memaksimalkan kinerja kerja kita semua.

demikianlah kegunaan dan fungsi dari tombol keyboard semoga bermanfaat ^-^ L

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Dan Memodifikasi Table Serta Menggunakan Rumus Sederhana Di Ms Word 2010

cara membuat dan mengedit tabel pada microsoft word Cara membuat tabel pada program microsoft word sangat mudah sekali, tapi bagi yang belum tahu caranya, membuat tabel mungkin bisa dibilang sangat susah. bagi kamu yang belum bisa membuat tabel tidak usah bingung, ikuti saja panduan di bawah ini : 1. Buka dulu program microsoft word pada komputer kamu. 2. Kemudian klik Menu Table – insert – Table . . . seperti di gambar di bawah ini : 3. setelah kamu klik tabel, nanti akan muncul jendela seperti di bawah ini : Number of column adalah untuk menentukan jumlah kolom, sedangkan untuk number of row adalah untuk menentukan jumlah baris, masukkan angka sesuai dengan kebutuhanmu. contoh di atas adalah dengan jumlah sebanyak 5 kolom dan 10 baris, setelah memaskkan angkanya. klik OK. maka tabel akan muncul seperti dibawah ini : setiap kali membuat tabel, bentuk tabel akan rata memenuhi jendela microsoft word, untuk mengecilkan dan melebarkan kolom tabel caranya a...

Drop Cap, Columns, Header & Footer, Clip Art dan Watermark, Page Border, Smart Art, Footnote Dan Comment

Yang dimaksud dengan drop cap adalah Drop Cap adalah huruf atau kata pertama dalam paragraph yang di tampilkan lebih besar dan mecolok dari huruh lainny Cara Menggunakan Drop Cap Di Word Biasanya untuk penulisan artikel, huruf pertama paragraf dibuat sedemikian rupa agar menonjol dan menarik perhatian pembaca. Microsoft Word memiliki fitur untuk menangani hal ini yang disebut dengan  Drop Cap . Selain untuk artikel, Drop Cap juga dapat digunakan untuk  newsletter , undangan, atau untuk menonjolkan suatu bagian teks di awal bab atau awal dokumen. Cara Membuat Drop Cap          1.       Klik pada paragraf yang huruf pertamanya akan dibuat Drop Cap.          2.       Pada tab  Insert , grup  Text , klik  Drop Cap Pilih posisi Drop Cap:          1.       Dropped : Drop Cap dit...

Teknik Dan Panduan Membuat Kutipan Dengan Citation Dan Daftar Pustaka Dengan Bibliography

Microsoft Word memiliki solusi untuk mengatasi masalah ini dengan menyediakan fitur  Citations & Bibliography . Manfaat fitur ini antara lain: ·          Word mendukung 10 gaya penulisan, seperti APA, MLA, dan sebagainya. Kita dapat mengubah dari satu gaya ke gaya penulisan yang lain hanya dengan beberapa klik saja. Selain itu kita juga bisa  install style yang lain untuk kutipan dan daftar Pustaka di Word 2007/2010/2013 . ·          Kita hanya perlu membuat data untuk sumber pada kotak isian yang sudah tersedia. Kotak isian yang muncul berbeda-beda berdasarkan tipe sumber yang dipilih, misalnya buku, jurnal, website, laporan, film dan sebagainya. ·          Data sumber kutipan akan disimpan di komputer untuk dapat digunakan kembali bila diperlukan dan dapat digunakan di dokumen yang lain juga. ·        ...