Langsung ke konten utama

Kegunaan Dan Fungsi Dari Tombol Keyboard


Kegunaan Serta Fungsi Tombol Keyboard Pada Komputer

Fungsi Tombol Keyboard Pada Ms.Word
o    Ctrl + A : Tombol Select All ( Memilih Semua Kolom Ms Word )
o    Ctrl + B : Menebalkan Huruf dan Karakter Angka pada Ms Word
o    Ctrl + C : Menyalin atau MengCopy
o    Ctrl + D : Pilihan Font Pada Ms Word
o    Ctrl + E : Membuat Center Alignment ( Rata Tengah Tulisan pada Ms Word )
o    Ctrl + F : Mencari Karakter ( Find Karakter )
o    Ctrl + G : Go To
o    Ctrl + H : Menggantikan ( Repleace )
o    Ctrl +  I : Membuat Tulisan Menjadi Miring ( Italic )
o    Ctrl + J : Membuat Tulisan Menjadi Rata Kiri Kanan( Justify Aligment )
o    Ctrl + K : Membuat Hyperlink ( Insert Hyperlink )
o    Ctrl + L : Membuat Tulisan Menjadi Rata Kiri ( Left Aligment )
o    Ctrl + M : Increase Ident
o    Ctrl + N : Membuat Sebuah File Baru ( New File )
o    Ctrl + O : Membuka File ( Open File )
o    Ctrl + P : Printah Cepat untuk Melakukan Print
o    Ctrl + Q : Mengubah Pengaturan Style Menjadi Normal
o    Ctrl + R : Membuat Tulisan Menjadi Rata Kanan ( Right Alignment
o    Ctrl + S : Printah Untuk Menyimpan File ( Save / Save As )
o    Ctrl + T : Hanging Ident
o    Ctrl + U : Membuat Tulisan Menjadi Garis Bawah ( Underline )
o    Ctrl + V : Mempaste Tulisan Yang Sudah Di Copy Dengan ( Ctrl + C )
o    Ctrl + W : Menutup Menu Word ( Close Ms.Word )
o    Ctrl + X : Memotong Tulisan Yang sudah Di Block
o    Ctrl + Y : Mengembalikan Sesudahnya ( Redo )
o    Ctrl + Z : mengembalikan Sebelumnya ( Undo )
o    Ctrl + 1 : Membuat Sebuah Spasi Single ( Single Spacing )
o    Ctrl + 2 : Membuat Sebuah Spasi Double ( Double Spacing )
o    Ctrl + 5 : Membuat Spasi 1.5 Lines
o    Ctrl + Esc :
Selain Kombinasi Tombol CTRL dan abjad di atas, ada juga beberapa fungsi tombol pada keyboard komputer yang khususnya seperti berikut.
o    F1  : Membuka Sebuah Fungsi Bantuan pada Komputer anda.
o    F2  : Mengubah Nambah File atau Berkas ( Rename )
o    F3  : Perintah Auto Text ( Find Text )
o    F4  : Pengulangan Printah Sebelumnya/
o    F5  : Perintah Temukan ( Find ) Ganti ( Replace ) atau Go To
o    F6  : Membuka Pengaturan Other Pane
o    F7  : Membuat Perintah Spelling ( Pengecekan Penulisan )
o    F8  : Membuka Perintah Awal Untuk memilih ( Coret Text atau Objek )
o    F9  : Memperbaruhi Field ( Mail Marge )
o    F10  : Membuat Sebuah Menu menjadi Aktif
o    F11  : Membuat Sebuah Masukan Field berikutnya ( mail Marge )
o    F12  : Membuka Dialog Save As ( Simpan Sebagai )
o    Esc  : Tombol Perintah Membatalkan Dialog
o    Enter  : Tombol Untuk Mengahiri satu paragraf atau Melaksanakan Perintah / Pilihan
o    Tab  :  Memposisikan Teks sesuai dengan tanda Ruler Horizontal
o    Windows : Tombol untuk Membuka Start Menu
o    Shorcut : Tombol untuk mengaktifkan Shorcut di posisi kursor
o    Delete : Tombol untuk Menghapus Sebuah Karakter dari Kanan Pada Penulisan anda
o    Backspace : Tombol untuk Menghapus Sebuah Karakter dari Kiri Pada Penulisan anda
o    Insert : Tombol Untuk menyisipkan karakter pada Posisi Kursor Anda.
o    End : Tombol Untuk memindahkan Posisi Kursor ke akhir baris.
o    Home : Tombol Untuk memindahkan Kursor ke awal baris
o    Page Up : Tombol Untuk Menggulung Layar ke atas
o    Page Down : Tombol Untuk Menggulung Layar ke bawah
o    Up : Tombol Untuk memindahkan Kursor 1 ke baris atas
o    Down : Tombol Untuk memindahkan Kursor 1 ke baris bawah
o    Left : Tombol Untuk memindahkan Kursor 1 ke Kiri
o    Right : Tombol Untuk memindahkan Kursor 1 ke Kanan
o    Num Lock On : Tombol Untuk Mengaktifkan Fungsi Angka dan Operasi matematik
o    Shift + F10 : Tombol Untuk membuka Menu Pintas.
o    Alt : Tombol ini jika tidak di Kombinasikan maka hanya akan berfungsi sebagai memulai / mengaktifkan menu bar.
o    Shift + Delete : Tombol ini untuk menghapus file Secara permanent serta tidak akan masuk ke Recyle bin terlebih dahulu
o    Ctrl + Right Arrow : Tombol ini Berfungsi Untuk Memindahkan titik sisipan ke awal kata berikutnya
o    Ctrl + Left Arrow : Tombol ini Berfungsi Untuk Memindahkan titik sisipan ke awal kata sebelumnya
o    Ctrl + Down Arrow : Tombol ini Berfungsi Untuk Memindahkan titik sisipan ke awal paragraf berikutnya
o    Ctrl + Up Arrow : Tombol ini Berfungsi Untuk Memindahkan titik sisipan ke awal paragraf sebelumnya
o    Alt + F4 : Tombol Untuk Keluar dari program yang aktif atau pada menu bar.
o    Alt + Enter : Untuk Membuka Sebuah Objek yang telah terpilih
o    Alt + Spacebar : Tombol Untuk membuka Menu Shortcut di layar yang aktif
o    Ctrl + F4 : Tombol Untuk menutup Dokumen yang Aktif
o    Alt + Tab : Mengganti ( Switch ) Pada Program Yang Aktif
o    Alt + Esc : Cycle Via item dengan urutan yang sudah di buka.
o    Ctrl + Shift + Tab : Tombol ini berfungsi untuk bergerak mundur dengan Tab
o    Shift + Tab : Tombol ini berfungsi untuk bergerak mundur dengan pilihan
Tidak hanya itu saja Fungsi pada tombol keyboard yang biasa kalian gunakan, masih banyak lagi fungsi – fungsi tombol keyboard yang dapat kalian pelajari. berikut fungsi tombol keyboard lain nya.
o    Ctrl + Drag  Item : Menyalin item yang sudah di pilih
o    Ctrl + Shift + Drag Item : membuka shortcut ke item yang sudah dipilih
o    Ctrl + Shift + Salah satu tombol panah : Menyorot blok teks
o    Shift + Salah satu tombol panah : Memilih dari 1 item di dekstop atau jendala atau memilik teks pada dokumen
o    F3 : untuk mencari berkas atau folder pada My Computer
o    F4 : untuk menampilkan daftar Addres bar pada My Computer atau di Windows Explorer
o    F5 : untuk menyegerakan ( Refresh ) pada Desktop Komputer
o    F6 : Untuk siklus via elemen-elemen pada layar dekstop atau jendela.
o    Shift + F10 : Untuk menampilkan menu shortcut item yang akan dipilih.
o    Atl + Huruf yang di garisbawahi dimenu : perintah ini menampilkan menu yang sesuai dengan yang di garis bawahi
o    Shift saat memasukan DVD atau DVD-ROM : Untuk Mencegahnya Autoplay pada Dvd.
Demikian Fungsi beberapa tombol pada keyboard komputer yang mungkin belum kalian ketahui. Masih banyak lagi fungsi-fungsi tombol keyboard yang lainya mungkin yang dapat membantu memaksimalkan kinerja kerja kita semua.

demikianlah kegunaan dan fungsi dari tombol keyboard semoga bermanfaat ^-^ L

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengenalan Microsoft Excel 2010, Mengenal Menu Dan Fungsi Ms Excel

MENGENAL MICROSOFT EXCEL 2010 1.           Aplikasi MS. EXCEL a.             Pengertian Microsoft Excel Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Microsoft Excel sangat berguna untuk masalah-masalah keuangan bahkan utang piutang pun juga bisa dicatat dalam program ini. Program Microsoft Excel seperti program jenis spreadsheet pada umumnya, digunakan untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan tabel, angka-angka dan grafik. 2.        Kegunaan Microsoft Excel Program Microsoft Excel sering disebut dengan spreadsheet (lembar kerja elektronik) yang beroperasi di bawah sistem operasi windows. Kegunaan Microsoft excel adalah sebagai berikut : Bidang Akuntansi ·          Contoh dari penggunaan program microsoft excel dal...

Turtorial Menggunakan Fasilitas Mail Merge Microsoft Word Dalam Membuat Surat Masal

Cara membuat surat masal / mail merge pada microsoft office word Fungsi mail merge pada ms word sangat membantu pengguna komputer untuk membuat surat edaran dengan jumlah yang banyak tanpa harus mengetik satu per satu surat. Akan tetapi dengan fungsi ini kita hanya perlu membuat satu template untuk semua surat dan membuat data base yang akan di hubungkan dengan template surat. Melanjutkan postingan sebelumnya tentang fungsi dari mail merge pada ms word, pada postingan kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat surat masal dengan menggunakan fungsi mail merge pada microsoft office word. Untuk membuat surat masal pada microsoft office word, ikuti langkah-langkah berikut: 1.       Buat template surat yang akan dibuat surat masal 2.       Klik menu mailings pada menu bar, selanjutnya pilih select recipient pada group start mail merge. 3.       Pada popup menu, pilih Type New List. 4. ...

Teknik Dan Panduan Membuat Kutipan Dengan Citation Dan Daftar Pustaka Dengan Bibliography

Microsoft Word memiliki solusi untuk mengatasi masalah ini dengan menyediakan fitur  Citations & Bibliography . Manfaat fitur ini antara lain: ·          Word mendukung 10 gaya penulisan, seperti APA, MLA, dan sebagainya. Kita dapat mengubah dari satu gaya ke gaya penulisan yang lain hanya dengan beberapa klik saja. Selain itu kita juga bisa  install style yang lain untuk kutipan dan daftar Pustaka di Word 2007/2010/2013 . ·          Kita hanya perlu membuat data untuk sumber pada kotak isian yang sudah tersedia. Kotak isian yang muncul berbeda-beda berdasarkan tipe sumber yang dipilih, misalnya buku, jurnal, website, laporan, film dan sebagainya. ·          Data sumber kutipan akan disimpan di komputer untuk dapat digunakan kembali bila diperlukan dan dapat digunakan di dokumen yang lain juga. ·        ...